Cara Melembapkan Kulit Bayi dengan Cussons Baby

Kulit bayi yang baru lahir sangat halus, dan begitu juga dengan sistem kekebalannya. Kulit bayi baru lahir juga lebih sensitif dan tipis. Oleh karena itu, sering timbul ruam karena sensitif akibat terdapat bahan kimia, wewangian, dan pewarna pada pakaian, deterjen, dan produk bayi yang nantinya dapat menyebabkan iritasi kulit bayi baru lahir, kulit kering, lecet, dan ruam.

Namun, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi bayi dari masalah kulit ini, salah satunya dengan menggunakan produk pelembap yang aman, seperti Cussons Baby Oil Soft and Smooth.

Perawatan Kulit Bayi

1. Kurangi Frekuensi Memandikan Bayi

Bayi sebetulnya tidak perlu dimandikan secara rutin, tidak seperti orang dewasa atau anak-anak. Bayi mandi dengan menggunakan spons tiga kali seminggu sebetulnya sudah cukup untuk membuatnya tetap bersih. Faktanya, frekuensi memandikan bayi lebih dari itu justru dapat menghilangkan minyak alami kulitnya, serta dapat memperparah ruam dan eksim. Akan tetapi, ada beberapa bagian yang memerlukan untuk dibersihkan lebih rutin yaitu mulut bayi setelah makan atau minum asi dan pantat setelah mengganti popok. 

2. Gunakan Produk dari Bahan Alami untuk Perawatan Kulit Bayi 

Kulit bayi sangat sensitif dan tidak dapat menahan efek berbahaya dari bahan kimia yang ada di sebagian besar produk yang dibeli dari toko. Tidak dapat dihindari bahwa Anda akan menggunakan sampo atau sabun untuk perawatan kulit bayi apalagi Anda saat memandikannya. Oleh karena itu, pastikan produk perawatan kulit bayi Anda tidak sarat dengan bahan kimia berbahaya. Biasakan membaca label pada semua produk perawatan kulit bayi Anda untuk memastikan mereka tidak mengandung bahan-bahan alami. Anda juga dapat menggunakan Cussons Baby Oil Soft and Smooth yang dapat memberikan kelembapan ekstra untuk kulit bayi Anda.

3. Cuci Pakaian Bayi Sebelum Dipakai

Sebagian besar pakaian tidak sepenuhnya lembut karena bahan kimia tambahan untuk membuatnya terlihat baru, yang justru dapat mengiritasi kulit bayi ketika dia dipaksa untuk memakainya secara langsung. Oleh karena itu, sebaiknya cucilah pakaian baru bayi Anda sebelum Anda menggunakannya kepada anak Anda. Pastikan Anda menggunakan deterjen yang ramah bayi, yaitu deterjen yang bebas pewangi dan pewarna.

4. Ganti Popok Bayi Secara Teratur

Jika bayi Anda menggunakan popok selama berjam-jam dan tidak segera diganti, maka akan menyebabkan ruam yang menyakitkan, karena basah. Pastikan Anda memilih popok yang lembut untuk bayi Anda dan pantau agar Anda dapat menggantinya saat sudah penuh. Untuk memastikan bahwa pantat bayi Anda bersih dan kering sebelum memakai popok baru, bersihkan dengan tisu bayi yang tidak akan mengiritasi kulitnya.

Anda juga bisa menggunakan krim untuk mencegah timbulnya ruam popok pada pantat bayi. Pilihlah krim pencegah ruam popok yang memiliki komposisi bahan yang tidak akan menimbulkan reaksi alergi pada anak Anda. Selain itu, pastikan untuk membiarkan kulit bayi terkena udara sedikit selama setiap penggantian popok untuk mencegah kelembapan masuk.

5. Gunakan Produk Tanpa Pewangi pada Kulit Bayi 

Aroma buatan dapat mengiritasi kulit bayi yang sensitif dan dapat memperburuk kondisi kulit yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, pilihan yang terbaik adalah menghindari penggunaan produk beraroma apapun pada semua produk perawatan kulit bayi Anda.

6. Sering Menyusui Bayi

Menyusui bayi bisa membantu kulit anak Anda tetap lembut dan lembap secara alami.

7. Tepuk-tepuk kulit bayi hingga kering dengan lembut.

Gunakan handuk lembut dan tepuk lembut kulit bayi Anda hingga kering setelah mandi. Hindari menggosokkan handuk ke seluruh tubuhnya, karena berisiko dapat membuat kulit bayi pecah-pecah dan lecet. Anda juga dapat memberikan pelembap seperti Cussons Baby Oil Soft and Smooth setelah memandikan bayi Anda, agar kulitnya tidak kering.

8. Pijat Bayi Sesering Mungkin

Memijat bayi memiliki sejumlah efek positif, yaitu membantu memperkuat otot, membantu merilekskan bayi, dan juga membuat ikatan antara ibu dan bayi lebih kuat. Selain itu, salah satu manfaat terbesar dari memijat bayi adalah menjaga kulitnya tetap lembut dan terhidrasi. Jangan lupa untuk mengoleskan baby oil seperti Cussons Baby Oil Soft and Smooth untuk menjaga kulit bayi Anda tetap halus, lembut dan terawat dengan baik. 

Referensi:

Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/brand-10-ways-to-keep-your-babys-dry-skin-soft-and-moisturised-naturally/

Diakses pada 25 Juli 2021

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/skin-care-tips#1

Diakses pada 25 Juli 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *