Geliga Cair: Kegunaan, Dosis, dan Efek Samping

Geliga cair atau minyak otot merupakan minyak gosok yang berkhasiat untuk mengatasi beberapa penyebab nyeri pada otot dan sendi seperti keseleo, memar, kram, atau nyeri akibat pukulan. 

Geliga cair memiliki kandungan utama minyak bunga merah atau dikenal juga sebagai dragon bloods, yang didapat dari bunga pohon palem Sanguis draconis. Minyak bunga merah telah lama digunakan oleh tabib Tiongkok dalam penyembuhan memar dan nyeri otot lainnya.

Tak hanya itu, Geliga cair juga diperkaya dengan metil salisilat, minyak peppermint, dan minyak champora sehingga kemampuannya untuk mengatasi nyeri otot dan sendi sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Biasanya, Geliga cair banyak digunakan oleh orangorang lanjut usia (lansia). Sebagai orang lansia, mereka mulai lebih banyak mengeluh sakit otot dan sendi. Usia membuat anggota tubuhnya kaku dan terganggu ketika melakukan kegiatan.

Seperti mereka mulai merasakan nyeri ketika membungkuk untuk mengambil koran pagi, kegiatan sederhana itu dapat membuat mereka meringis, lho. Masalah sendi dan otot kaku mirip dengan kesulitan membuka dan menutup pintu gerbang karena jarang digunakan dan engsel berkarat yang telah membuatnya aus sehingga keras dibuka.

Maka dari itu, jika orang lansia tidak secara teratur menggerakkan otot dan sendi melalui rentang gerak penuh, mereka berpotensi besar kehilangan sebagian potensi mereka. Itu sebabnya ketika orang-orang ini akan mencoba untuk bergerak bersama setelah lama tidak aktif, mereka merasa sakit dan nyeri.

Mari kita bahas lebih jauh terkait kegunaan, dosis, dan efek samping dari Geliga cair. Yuk simak di bawah ini.

  • Kegunaan Geliga Cair

Sebagaimana dijelaskan dan berdasarkan permasalahan-permasalahan di atas, Geliga cair biasanya digunakan sebagai obat gosok yang dapat mengurangi pegal-pegal, nyeri otot, keseleo, serta mampu engurangi lebam atau bengkak di tubuh karena pukulan.

  • Dosis & Cara Penggunaan Geliga Cair

Dosis dari penggunaan Geliga cair yakni gunakan sesuai dengan kebutuhan. Dan untuk cara penggunaan Geliga cair yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya, yakni dengan dioleskan pada bagian yang membutuhkan sambil dipijat-pijat, bila perlu diulangi.

Apakah perlu resep? Tidak perlu. Namun, alangkah baiknya kamu konsultasi ke dokter terlebih dahulu. 

  • Cara Penyimpanan Geliga Cair

Sangat disarankan jika Geliga cair disimpan di tempat yang sejuk dan kering, serta terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

  • Efek Samping Geliga Cair

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan geliga cair antara lain:

  • Iritasi
  • Gatal
  • Ruam merah

Bila efek samping menetap bahkan memburuk, segera hentikan pemakaian Geliga cair dan segera lakukan konsultasi ke dokter yang kamu percayai.

  • Perhatian Khusus Saat/Sebelum Menggunakan Geliga Cair

Adapun halhal yang perlu diperhatikan saat atau sebelum kamu menggunakan geliga cair, di antaranya:

  • Hanya untuk pemakaian luar dan tidak untuk ditelan.
  • Hindari penggunaan pada anak-anak daerah mata dan anak dibawah umur 2 tahun.
  • Hindari kontak langsung dengan mata, mulut, atau hidung karena akan menyebabkan sensasi panas dan perih.
  • Jangan digunakan pada luka terbuka.

Jika kamu membutuhkan Geliga cair, kini produk ini sangat mudah dijangkau dengan variasi harga. Sebab Geliga cair sudah beredar luas di pasaran dan bisa didapatkan melalui online. Agar praktis dan hemat, kamu bisa mendapatkannya di beberapa marketplace

Harga Geliga cair ukuran 60 ml bisa didapat dari harga Rp28.350. Sebagai informasi tambahan, komposisi dari Geliga Minyak Otot 60 ml yakni, Metill salisilat 29,94 persen, mentol 29,94 persen, minyak putih champora 12,48 persen, dan minyak peppermint 7,94 persen. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *