Macam-macam Prosedur Medis di Prodia Majalaya

Demi mendukung proses diagnosa, seringkali pasien akan diminta untuk menjalankan serangkaian pemeriksaan medis. Pemeriksaan medis umumnya dilakukan di laboratorium, seperti di Prodia Majalaya.

Prodia merupakan laboratorium klinik yang menyediakan berbagai prosedur medis untuk pemeriksaan laboratorium. Hasil pemeriksaan di Prodia bisa Anda pakai untuk berkonsultasi dengan dokter sebagai acuan dokter dalam memberikan diagnosa. 

Prosedur medis di Prodia Majalaya

Ada banyak sekali prosedur medis yang tersedia di laboratorium klinik Prodia. Beberapa di antaranya yang bisa Anda coba meliputi:

  • Tes alergi

Tes alergi merupakan rangkaian tes yang dilakukan untuk mengidentifikasi faktor pemicu alergi seseorang. Tes alergi ini bisa meliputi tes kulit dan juga tes darah.

Ketika menjalankan tes alergi, Anda akan secara sengaja dipaparkan dengan berbagai jenis zat-zat secara langsung ke kulit Anda. Bila muncul reaksi tertentu, maka dapat disimpulkan bahwa zat yang dipaparkan ke kulit tersebut adalah pemicu alergi Anda.

Menjalani tes alergi bisa membantu Anda mengenali apa saja hal-hal yang bisa menimbulkan alergi, sehingga Anda bisa menghindarinya. 

  • Pap smear

Pap smear merupakan rangkaian tes yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan kanker serviks pada wanita. Tes ini dilakukan oleh wanita yang sudah melewati usia 21 tahun. 

Prosedur pemeriksaan pap smear dilakukan dengan posisi berbaring sambil menekuk lutut. Pihak laboratorium Prodia Majalaya akan memasukkan alat khusus ke vagina Anda yang berfungsi untuk mempertahankan posisi dinding vagina tetap terbuka.

Setelah itu, tenaga medis akan memperhatikan bagian dalam vagina untuk melihat kondisi rahim dan mendeteksi kanker serviks. Selama prosedur, mungkin Anda akan merasakan adanya tekanan di sekitar panggul akibat alat yang dipakai untuk membuka dinding vagina.

  • Skrining sifilis

Sifilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang berbahaya. Untuk mendeteksi sifilis, diperlukan adanya pemeriksaan atau skrining khusus sifilis.

Anda bisa melakukan skrining sifilis di Prodia Majalaya. Kemungkinan ada dua macam pemeriksaan yang akan dilakukan, yaitu tes darah dan tes laboratorium.

Tes darah dilakukan dengan mengevaluasi keberadaan antibodi tertentu yang terbentuk karena adanya infeksi bakteri sifilis. Sementara, tes laboratorium digunakan dengan mengambil sampel dari cairan tulang belakang.

  • USG

Ultrasonografi atau USG merupakan tes pencitraan yang cukup umum dilakukan. Di Prodia Majalaya, Anda bisa menjalankan USG di berbagai area tubuh sesuai dengan kondisi Anda. 

Ada USG yang bisa dilakukan di kepala untuk menganalisa kondisi otak, ada juga yang bisa dilakukan di perut untuk mendeteksi kehamilan. Apapun jenis USG yang ingin Anda jalani, Anda bisa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter Anda. 

Perlu diketahui, berbeda dengan tes pencitraan pada umumnya, USG tidak memanfaatkan radiasi. Gambar yang dihasilan oleh mesin USG merupakan gambar yang didapat dari pantulan gelombang suara. 

  • Pemeriksaan TORCH

Pemeriksaan TORCH merupakan pemeriksaan yang dilakukan guna mendeteksi infeksi pada wanita hamil. Hal ini perlu dilakukan agar wanita hamil bisa segera mendapatkan pertolongan.

Sebab, infeksi yang dibiarkan akan ditularkan juga kepada janin di dalam kandungan. Ini akan menyebabkan bayi rentan mengalami komplikasi ketika dilahirkan nantinya. 

Selain jenis-jenis pemeriksaan di atas, masih ada banyak jenis pemeriksaan lainnya yang tersedia di Prodia Majalaya. Setelah berkonsultasi dengan dokter, dokter bisa memberikan rujukan ke klinik Prodia dan membantu mengarahkan Anda dalam memilih jenis pemeriksaan yang paling Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *