Mengupayakan Kondisi Kesehatan Ginjal di RS Mayapada Bogor

RS Mayapada Bogor merupakan salah satu rumah sakit swasta terbaik di Bogor dengan layanan kesehatan terlengkap dan didukung oleh tenaga medis terbaik. RS Mayapada Bogor juga memiliki beberapa pusat perawatan unggulan, salah satunya Tahir Uro-Nephrology Center.

Tahir Uro-Nephrology Center merupakan pusat perawatan pasien yang menyediakan berbagai layanan komprehensif untuk evaluasi, diagnosa, dan perawatan kondisi urologi pada orang dewasa dan anak, serta kondisi gagal ginjal akut dan kronis. 

Pusat pelayanan ini juga dilengkapi oleh teknologi canggih, tenaga medis terbaik di bidangnya, fasilitas rumah sakit dan bedah paling mutakhir, serta menyediakan solusi komprehensif dan paling maju untuk permasalahan bedah kompleks.

Apabila kamu ingin berkunjung ke Tahir Uro-Nephrology Center RS Mayapada, terdapat beberapa jasa yang bisa kamu pilih yang mana sudah dilengkapi fasiltas yang canggih dan modern seperti:

  • Batu ginjal (urolithiasis)
  • Hipertrofi prostrat
  • Infeksi saluran kemih
  • Penyakit ginjal
  • Kegagalan akuterenal
  • Penyakit ginjal genetik dan non genetik (penyakit ginjal polikistik, Alport sindrom, glomerulonefritis, penyakit ginjal tahp akhir)
  • Komplikasi ginjal berbasis hipertensi dan diabetes
  • Kelainan elektrolit dan asam basa

Tak hanya itu saja, Tahir Uro-Nephrology Center juga telah dilengkapi dengan instrumen medis terbaru yang meliputi bedah umum; bedah urologis; dan bedah anak. Fasilitas yang disediakan pun juga sudah canggih seperti uroflowmetry; urodynamic; serta URS (ureteroscopy). Dijamin kamu akan mendapatkan pelayanan dan perawatan medis terbaik disini. Oleh sebab itu, Tahir Uro-Nephrology Center RS Mayapada dikategorikan sebagai “Center of Excellence”.

Di antara banyaknya fasilitas yang bisa dilakukan, hemodialisis atau prosedur cuci darah adalah yang paling sering dilakukan RS Mayapada Bogor. Perlu diketahui bahwa layanan ini didukung oleh 6 mesin hemodialisis canggih dan berteknologi tinggi, serta terkomputerisasi untuk menjami akurasi, serta untuk meminimalkan risiko kesalahan manusia.

Sedikit informasi mengenai hemodialisa atau hemodialisis, adalah terapi cuci darah di luar tubuh. Terapi ini umumya dilakukan oleh pengidap masalah ginjal yang ginjalnya sudah tak berfungsi dengan optimal. Pada dasarnya, tubuh mansua memang mampu mencuci darah secara otomatis, tapi bila terjadi masalah pada ginjal, kondisinya akan lain lagi.

Ginjal sendiri merupakan organ yang punya peran amat vital dalam tubuh. Organ ini bertanggung jawab untuk penyaringan darah. Selain membersihkan darah dalam tubuh, ginjal juga membentuk zat-zat yang menjaga tubuh agar tetap sehat. Namun, pada pengidap penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal, organ ini sudah tidak bisa berfungsi dengan baik.

Kondisi di ataslah yang membuat tubuh membutuhkan proses cuci darah menggunakan bantuan alat medis. Dengan kata lain, dalam kondisi ini, hemodialisa menggantikan peran ginjal ketika organ tersebut sudak tidak mampu bekerja secara efektif.

Prosedur atau tata laksana hemodialisa di RS Mayapada Bogor dan di mana saja hampir sama saja. Pasien akan diperiksa dengan cermat sebelum melakukan proses pembersihan darah / hemodialisis, sehingga dapat dipastikan apakah pasien memiliki penyakit menular atau tidak (seperti Hepatitis B, C, dan HIV).

Seluruh proses dibantu menggunakan mesin canggih dan khusus untuk menggantikan ginjal yang rusak agar tubuh bisa menyaring darah. Mesin ini berperan sebagai ginjal artifisial (ginjal buatan) yang dapat menyingkirkan zat-zat kotor, garam, serta air berlebih yang ada di dalam darah pengidap.

Dalam proses ini, pembuluh darah pasien akan dimasukkan jarum oleh petugas medis. Tindakan ini bertujuan untuk menghubungkan aliran darah tubuh pasien ke mesin pencuci darah. Setelah itu, darah kotor akan disaring dalam mesin pencuci darah. Setelah proses penyaringan usai, selanjutnya darah yang bersih akan dialirkan ke dalam tubuh pasien.

Cuci darah dengan menggunakan metode hemodialisa menghabiskan waktu sekitar empat jam per sesi. Dalam seminggu, pengidap perlu menjalani setidaknya 3 sesi. Apabila di antara pembaca ada yang tertarik melakukan hemodialisa, informasi lebih lengkap bisa didapat langsung melalui kontak resmi rumah sakit, termasuk nomor berikut ini: (0251) 830-7900 | atau Whatsapp di nomor 0811-101-5354.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *